InternetTech

7 Top Teknologi Android Canggih Masa Kini Pada Smartphone


Perkembangan teknologi kini sudah semakin pesat. Begitupun dengan berbagai perangkat elektronik yang telah hadir saat ini. Ponsel pintar atau seringkali disebut dengan smartphone menjadi salah satu wujud dari perkembangan teknologi. Terutama untuk smartphone Android yang kini menjadi favorit banyak orang. Teknologi Android canggih juga semakin maju dan menarik.


Berkembangnya teknologi pada smartphone tentunya dapat dirasakan oleh pengguna. Selain lebih canggih, teknologi yang disematkan pada Android juga memudahkan banyak pengguna. Hampir semua sektor telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini tentunya dapat dilihat dari beberapa spesifikasi smartphone.


Teknologi Android Canggih di Era Milenial


Tak banyak yang mengetahui bahwa teknologi di smartphone semakin menarik. Para pengguna terkadang hanya melihat bagian speknya saja. Bahkan ada pula yang hanya sekedar melihat salah satu spesifikasinya. Tanpa disadari dalam smartphone tersebut telah disematkan berbagai teknologi yang sangat canggih.


Perkembangan teknologi ini juga tidak terlepas dari adanya perkembangan smartphone itu sendiri. Android juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan kini Android juga akan memiliki versi 11 nya. Tidak heran jika teknologi Android canggih yang dihadirkan semakin banyak.


Sebelumnya, teknologi Android memang hanya biasa saja. Bahkan belum ada teknologi kendali jarak jauh seperti saat ini. Perkembangan yang dialami oleh Android bisa dibilang menyeluruh. Hal ini dikarenakan teknologi tidak hanya disematkan pada softwarenya saja tetapi juga pada perangkat kerasnya.


Deretan Teknologi Android Canggih

Banyaknya teknologi baru yang hadir pada Android membuat beberapa smartphone menjadi lebih canggih. Berikut ini beberapa teknologi baru dan canggih pada Android.

1. Dark Mode


Hampir semua orang mengenal teknologi yang satu ini. Mode gelap atau yang lebih dikenal dengan dark mode kini sudah bisa digunakan di seluruh layanan Android. Android memang menghadirkan teknologi yang sesuai dengan permintaan pengguna. Sebelumnya, dark mode hanya bisa digunakan pada beberapa layanan saja.


Teknologi Android canggih ini kemudian berkembang hingga akhirnya bisa digunakan untuk semua layanan. Dark mode digunakan untuk membuat tampilan lebih nyaman dilihat. Hal yang menarik adalah, Android 10 berkembang ke Android 11.


Pada Android 11, dark mode akan lebih canggih. Pasalnya, teknologi dark mode bisa dijadwalkan sesuai dengan pemakaian pengguna. Sehingga penerapan dark mode bisa diatur secara otomatis.

2. Performa Prosesor


Teknologi Android canggih juga merambah pada bagian prosesor. Organ penting yang berperan sebagai otak pada smartphone adalah prosesor. Prosesor memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja smartphone.
Seiring dengan perkembangan zaman, prosesor mengalami peningkatan.

Teknologi Android yang canggih pada smartphone semakin berkualitas.
Ada banyak chipset yang telah disematkan pada smartphone. Salah satunya adalah chipset keluaran Qualcomm yang populer di pasaran. Tidak hanya itu saja, Android kini juga telah dibekali dengan prosesor octa core.

Sebelumnya prosesor hanya berjenis dual core dan quad core saja namun kini sudah semakin berkembang.

3. Biometrics atau Sensor


Teknologi ini tentunya sudah tidak asing lagi. Teknologi biometric dikenal dengan sensor. Kini hampir semua smartphone telah dibekali dengan biometric. Bahkan jenis sensor yang digunakan pun berbeda-beda
Diantaranya adalah face unlock yang digunakan untuk membuka layar kunci menggunakan sensor wajah.

Teknologi ini memungkinkan smartphone untuk mendeteksi wajah.
Teknologi android canggih ini telah disematkan di berbagai smartphone Android. Sebenarnya tidak hanya deteksi wajah saja, tetapi juga ada fingerprint atau sensor sidik jari.


Fingerprint merupakan teknologi biometric yang populer dan paling banyak digunakan. Selain beberapa sensor di atas, smartphone Android juga dibekali dengan sensor suara dan juga tanda tangan. Biasanya teknologi sensor tersebut disematkan pada bagian layar.


Namun untuk fingerprint sendiri terkadang terletak pada bagian bodi smartphone. Lebih tepatnya pada bagian belakang smartphone. Mulai dari modul bulat hingga kotak.


Pemindai sidik jari yang telah ditanamkan pada smartphone Android terbukti akurat. Sehingga tidak akan ada pengguna lain yang bisa membuka smartphone anda sebab sidik jarinya berbeda.

4. Wireless Charging dan Fast Charging


Selanjutnya adalah teknologi yang disematkan pada bagian catu daya. Baterai yang beerkapasitas besar menjadi salah satu prtimbangan banyak pengguna. Alasannya adalah awet dan tahan dalam jangka waktu tertentu.
Namun kini teknologi Android canggih menghadirkan wireless charging dan fast charging. Kedua teknologi ini sudah disematkan di beberapa smartphone.


Wireless charging memungkinkan pengguna untuk mengisi daya tanpa harus menggunakan kabel dan adapter. Cukup meletakkan smartphone di atas charging pad saja. Kemudian baterai akan terisi dengan sendirinya. Selanjutnya adalah fast charging atau pengisian daya cepat.


Pengisian daya cepat ini membuat pengguna tidak perlu menunggu lama ketika sedang mengisi daya. Sehingga pengguna akan lebih nyaman ketika melakukan aktivitas menggunakan smartphone. Kini kedua teknologi ini bisa ditemui di berbagai smartphone Android yang telah diluncurkan.

5. Teknologi AI Pada Kamera


Teknologi canggih yang tidak boleh terlewatkan adalah AI atau Artificial Intelligence. Teknologi ini telah disematkan di beberapa smartphone Android. Hal yang paling mencolok adalah teknologi AI pada kamera. Teknologi ini membuat kamera lebih mumpuni bahkan sangat canggih.
Banyak fitur yang disematkan pada kamera.

Sehingga sektor fotografi benar-benar memanjakan para pengguna. Terutama pengguna yang memiliki hobi fotografi dan gemar berselfie.
Tidak hanya itu saja, kini banyak smartphone yang dilengkapi dengan lebih dari satu kamera. Biasanya memiliki triple camera, quad camera, hingga 5 kamera. Kamera tersebut telah disematkan pada bagian belakang dengan berbagai modul.

6. Layar Lipat


Teknologi Android canggih yang cukup populer dan menjadi bahan perbincangan adalah layar lipat. Teknologi yang satu ini benar-benar membuat kagum para pengguna smartphone. Ada beberapa vendor yang telah meluncurkan smartphone Androidnya dengan teknologi layar lipat ini.


Desain layar lipat ini berkembang di pertengahan 2019 hingga sekarang. Perkembangan teknologi layar lipat ini cukup berkembang. Buktinya sudah ada smartphone Android yang meluncur dengan desain layar lipat.


Teknologi ini memang sangat canggih sebab smartphone bisa dirancang menjadi dua bagian. Sehingga ukuran smartphone menjadi lebih minimal dibanding sebelumnya. Desain lipat ini tentunya mencuri perhatian banyak orang terutama para pecinta smartphone.

7. Jaringan 5G


Teknologi Android yang tidak kalah canggih datang dari sektor jaringan. Konektivitas 5G kini sudah semakin berkembang bahkan sudah banyak disematkan pada smartphone kekinian. Jaringan 5G ini membuat aktivitas internet semakin mudah. Pengguna juga akan lebih nyaman ketika berselancar internet. Mulai dari sosial media hingga gaming berbasis online.


Jaringan 5G juga masih dalam masa perkembangan. Ada beberapa dukungan lain yang akan hadir pada jaringan 5G. Beberapa smartphone Android yang baru telah dibekali dengan jaringan 5G.


Jaringan ini tentunya bersanding dengan konektivitas lain generasi terdahulu. Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang akan beralih ke jaringan 5G karena dirasa lebih optimal dan canggih
Beragam teknologi Android canggih diatas memang sangat menarik.

Teknologi tersebut hadir untuk mengikuti arus perkembangan zaman yang semakin maju. Kemudian untuk memudahkan aktivitas multitasking pengguna yang kian meningkat.

Tags

sekolahandroid

Seorang yang menyukai dunia teknologi dan suka belajar hal baru, lalu berbagi dengan sebuah tulisan, gambar dan juga video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close