TechTips & Triks

Cara Mengirim Gambar Agar Tidak Pecah Di Whatsapp

Sekolahandroid.net – Mengirim gambar di whatsapp sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari, entah itu sekedar berbagi, upload story ataupun pengen pamer foto pribadi. haha.

Ya, Whatsapp adalah platform chatting terbesar saat ini, sudah wajar dan sepantasnya jika kegiatan, aktifitas ataupun pekerjaan sering kali kita menggunakan layanan yang diberikan oleh WhatsApp.

Dengan kecepatan yang diberikan, seperti mengirim pesan teks, audio, telepon dan juga video call. Ini adalah layanan yang sering kita gunakan sehari-hari.

Yang tak kalah penting kita juga pasti sering mengirim video dan juga gambar ke group, teman, pacar, pekerjaan dan juga story. Yang kita bahas kali ini tentang gambar.

Gambar Terkompres/Diperkecil!

Ketika mengirim gambar di Whatsapp secara otomatis file gambar akan terkompres dari ukuran asli menjadi lebih kecil. makanya saat Anda mengirim gambar foto dari kamera ponsel androidmu memang terlihat bagus dan ketika diperbesar tidak terlalu pecah tapi ketika diterima oleh teman melalui WhatsApp tanpa diperbesar gambarnya sama namun ketika diperbesar menjadi pecah.

Itulah yang disebut pecah/terkompress. Dalam beberapa kasus hal ini tidak menjadi masalah tapi bagaimana jika ingin dicetak atau ada keperluan tertentu dimana file gambar harus memiliki persyaratan ukuran.

File asli memang sudah terpenuhi tapi pas dikirim ke Whatsapp kok berubah?

Baca Juga :

Cara Mengganti Tampilan Whatsapp Mirip Instagram Story

Sebenarnya ada cara untuk mengatasi masalah ini. yaitu dengan mengirim gamar menggunakan perantara fitur dokumen sender. yang kita ketahui dokumen adalah berkas file dengan format text seperti .DOCX, PPTX, XLSX, PDF, dan lain-lain.

Tapi dalam kasus whatsapp fitur dokumen juga bisa digunakan untuk mengirim file selain dokumen seperti di atas: misalnya gambar dan juga aplikasi android.

Bagaimana Cara Mengirim Gambar Agar Tidak Pecah Di WhatsApp?

Ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan agar file gambar terkirim dengan ukuran yang sebenarnya.

  1. Masuk Mode Chating

    Anda bisa masuk ke chat/obrolan individu ataupun group, seperti biasa

  2. Klik icon Sisipkan

    Ikon sisipkan akan menampilkan fitur memasukan media baik itu dokumen, , galeri, audio, lokasi, kontak dan juga katalaog.

  3. Pilih Dokumen

    yang membedakan antara gambar dengan format asli dan terkompres yang dengan fitur ini, kamu pilih Dokumen.

  4. Klik Lihat dokumen lain…

    Ketika Anda klik dokumen yang ditampilkan biasanya file dengan nama yang tidak jelas. Karena itu file system. Untuk menemukan gambar Anda harus klik Lihat dokumen lain..

    Setelah itu cari aja gambarnya dan klik/tap pada foto/gambarnya

  5. Klik kirim

    langkah terakhir adalah dengan menekan tulisan “KIRIM” untuk mengirim gambar dan tunggu prosesnya. File yang terkirim tidak akan ada privew gambar melainkan sebuah dokumen yang harus diunduh terlebih dahulu untuk melihat gambarnya.

Itulah cara mengirim foto/gambar di WhatsApp dengan ukuran asli tanpa merubah ukuran file. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button