AppsLife StyleReviewTechTips & Triks

Cara Menggunakan Aplikasi Produktifitas Terbaik Block Apps

Sekolahandroid.net – Android hadir dengan membawa segala kemudahan untuk kita semua. Bisa kita rasakan saat ini. Di kehidupan kita smartphone android selalu dalam genggaman.

Android di desain untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia. Android adalah perangkat mobile yang sangat efisien. Memiliki fitur dan kemampuan komputer. Tak heran jika android memiliki banyak sekali jenis aplikasi. Dari aplikasi hiburan sampai aplikasi produktifitas.

Jika kita bandingkan antara perangkat pintar android dengan komputer PC/laptop dari segi aplikasi tentu lebih banyak android. Sudah sewajarnya karena android bisa kita miliki dengan harga yang cukup murah, bahkan di bawah 1 juta.

Seperti halnya komputer android juga di bagi menjadi 3 kelas yaitu; low end (kelas bawah), midle end ( kelas menengah), high end (kelas atas). Setiap kelas pasti memiliki peforma masing-masing.

Dari kelas manapun, google play store menyediakan jutaan aplikasi gratis yang bisa kamu install dan gunakan. Tentu saja sesuaikan dengan syarat minimum ya.

Selain jutaan aplikasi, android juga menyediakan jutaan game gratis. Tentu saja setiap orang menyukai game. Tak heran saat ini gamer mobile tumbuh sangat pesat. Bahkan game saat ini sudah termasuk dalam cabang olahraga, ya olahraga otak. Ada banyak tournamen baik lokal ataupun internasional dan hadiahnya sangat fantastis sampai miliyaran.

Sayangnya dengan diberikan kemudahan, justru banyak masyarakat yang terjebak dalam zona nyaman dan tidak bisa kreatif. Malahan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan seharian menatap layar android mereka.

Inilah yang disebut dengan kecanduan atau ketergantungan. Menggunakan aplikasi rasanya tidak akan berlama-lama. Tapi kalau sudah main game atau membuka sosial media sudah pasti betah banget bahkan lupa jam.

Kecanduan gadget atau kecanduan android bisa kepada siapa saja baik anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Hal ini menjadikan waktunya tidak lagi produktif dan lebih parah dari itu adalah kesehatan mental dan juga fisiknya menurun. Terutama kesehatan mata.

Kecanduan Gadget Pada Anak

Tentunya bagi orang tua tidak ingin anaknya sampai mengalami masalah-masalah seperti di atas. Kemungkinan orang tua tidak bisa memantau anaknya dengan baik karena pekerjaan. Sehingga sering kali anak menggunakan perangkat smartphone android di luar batas pengawasan.

Sebagai orang tua tentu memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan anak. Jangan sampai anak mengalami masalah mental dan masalah kesehatan akibat perangkat android.

Kontrol yang baik, membantu masa depan anak. Anda sadari atau tidak bahwa saat ini banyak sekali anak yang melawan orang tua, tidak patuh, nilai sekolah turun, dan banyak lagi. Semua ini karena penggunaan android yang berlebihan.

Sehingga yang ada dalam pikirannya adalah bermain game dan game terus menerus. Tahu kan, kalau game online tidak bisa dipause, ini juga penyebab kenapa anak sering membatah perintah orang tua saat diperintah sesuatu.

Lebih parah lagi jika bermain game dan anak suka sekali top up untuk membeli item, gak masalah kalau dari uang sakunya sendiri tapi kalau dari akun google kamu yang terhubung dengan rekening kan bisa habis tuh. Haha. Intinya penggunaan gadget pad anak harus dibatasi.

Sadar Diri Kecanduan Gadget

Bisa menyadari bahwa diri sedang sakit adalah hal yang luar biasa. Karena banyak sekali orang yang tidak bisa sadar bahwa dirinya sedang sakit. Untuk sakit fisik seperti demam, batuk, pilek, dan sejenisnya bisa dilihat kasat mata bahwa itu sakit. Lalu kita mengobatinya dengan obat atau datang kepada dokter.

Lalu yang sangat sulit adalah sakit dalam bentuk mental yakni salah satuya kecanduan gadget. Banyak sekali dari kita tidak menyadari bahwa diri sendiri sedang dalam kecanduan atau ketergantuan dengan gadget.

Sangat beruntung bagi kamu yang sudah menyadarinya. Mungkin kamu menyadari bahwa prestasi sekolahmu menurun, kerjaan selalu ditunda, sering dimarah bos, dan lain-lain.

Alasannya sibuk atau nanti. Padahal memiliki waktu yang cukup untuk melakukan semuanya. Anehnya kita membuka ponsel dan membuka aplikasi atau game yang alasannya sebentar aja. Tapi itu dilakukan terus menerus setiap hari. Sampai nggak sadar yang menggangu aktifitasnya adalah ponsel yang terus ia bawa. Karena berlebihan dalam menggunakannya tentu tidak baik untuk dirinya.

Kamu yang beruntung bisa sadar bahwa penyakit ini tidak baik. Pasti mencari cara menyembuhkannya. Ada banyak sekali salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi produktifitas.

Aplikasi yang penggunaan cukup mudah dan fitur sederhana tapi sungguh luar biasa saya memilih aplikasi Block Apps – Productivity & Digital Wellbeing

Block Apps – Productivity & Digital Wellbeing

Aplikasi ini sangat tepat untuk kamu yang ingin membatasi diri atau membatasi anak menggunakan smartphone. Karena mampu memblokir aplikasi agar tidak bisa di buka berdasarkan waktu yang sudah ditentukan.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah adanya fitur untuk membatasi penggunaan aplikasi tertentu berdasarkan waktu yang sudah ditentukan. Misalnya hanya boleh menggunakan instagram 1 jam/hari. Otomatis jika penggunaan aplikasi melebihi batas waktu. Instagram tidak bisa diakses sampai ke esokan harinya, meskipun aplikasi ditutup.

Karena Block Apps berjalan di latar belakang seperti sistem. Tapi agar tidak terhenti meskipun aplikasi ditutup harus ada beberapa setelan yang harus kamu izinkan.

Fitur – Fitur Block Apps – Productivity & Digital Wellbeing

  • Blokir Aplikasi : Yaitu mampu memblokir aplikasi dan juga game sesuai waktu yang kamu inginkan.
  • Melihat penggunaan aplikasi : Mampu melihat penggunaan aplikasi sampai 2 tahun ke belakang.
  • Batasi penggunaan aplikasi : Mampu membatasi penggunaan maksimum per aplikasi yang ditetapkan setiap hari dalam seminggu. Sangat cocok biar gak berlama-lamaan bermain game dan juga membuka aplikasi yang menggangu produktifitasmu
  • Dapatkan laporan penggunaan dalam mingguan : Dengan fitur ini kamu bisa melacak berapa sering kamu membuka aplikasi tertentu sehingga bisa mengkontrol penggunaan ponselmu.
  • Pemblokiran mutlak : Semua aplikasi yang sudah dikarantina atau terblokir dalam waktu itu tidak akan bisa terbuka sampai waktu yang sudah ditentukan sehingga kamu tidak akan bisa menggunakannya dalam waktu pemblokiran itu meskipun aplikasi Blok kamu tutup.

Mengenali Antarmuka Aplikasi Fitur – Fitur Block Apps – Productivity & Digital Wellbeing

  1. Blocks : Adalah menu untuk membuat daftar aplikasi yang akan di blokir. Menu ini sangat cocok jika kamu ingin fokus belajar, kerja atau melakukan aktifitas lainnya. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa lebih fokus. Karena bisa memblokir aplikasi di jam tertentu sesuai yang kamu inginkan. Misalnya aplikasi whatsapp, youtube, game di blokir di jam 08:00 – 11:00, bisa banget. Dan setelah itu kembali normal aplikasi bisa dibuka. Tentunya sesuai kebutuhan ya.
  2. App usage : Menu ini berfungsi untuk mengaktifkan fitur pembatasaan penggunaan aplikasi berdasarkan waktu maksimum. Penjelasan sederhana jika kamu menggunakan aplikasi tertentu secara berlebihan misalnya menggunakan aplikasi youtube 5 jam atau lebih setiap hari. Dengan fitur App Usage kamu bisa memberi batas hanya boleh mengakses youtube 1 jam saja setiap hari. Dan jika melebih waktu yang sudah ditentukan, maka aplikasi youtube akan diblokir otomatis dan bisa dibuka kembali ke esokan harinya. Ini bisa untuk memblokir semua aplikasi dan game yang terinstall di android kamu.
  3. Menu menambahkan daftar aplikasi diblokir : Menu nomor 3 ini berfungsi untuk membuat daftar baru aplikasi mana saja yang akan di blokir. Nomor 3 adalah pilihan untuk mengaktifkan fitur no. 1. Kamu bisa membuat lebih dari 1 daftar, Cara ini memungkinkan kamu membuat group yang isinya berbeda satu sama lain. contohnya : Group 1 (facebook, whatsapp, instagram,) dan di group 2 (facebook, PUBG Mobile, twitter), yang waktu pemblokiran berbeda.
  4. Reports : Berfungsi memberikan informasi kepada kamu tentang rata-rata waktu yang kamu gunakan dalam penggunaan aplikasi. Laporan yang diberikan adalah perminggu dan juga per hari. Sehingga kamu bisa mengetahui waktumu kamu habiskan untuk apa dan aplikasi mana yang membuat kamu tidak produktif.
  5. Archive : berisi daftar blok yang kamu arsipkan, mungkin ketika kamu klik hanya akan menampilkan “Emperty archive“.
  6. Daftar Blokir : Ini menampilkan daftar blokir aktif yang sudah kamu tambahkan sebelumnya. ikon gembok sebelah kanan berarti blokir belum aktif dan jika berubah menjadi warna abu-abu berarti blokir sedang aktif.

Cara Mengaktifkan Fitur Pemblokiran Aplikasi

Fitur utama dari aplikasi Block Apps ada dua yaitu; Yang pertama berdasarkan interval waktu artinya menggunakan kapan waktu pemblokiran diaktifkan dan kapan berakhirnya. Contohnya Jam 08:00 – 11:00.

Yang kedua berdasarkan waktu maksimum menggunakan aplikasi, artinya jika melewati batas waktu yang ditentukan maka pemblokiran akan otomatis aktif. Contohnya : PUBG Mobile disetting 2 jam/hari jika dalam hari itu melebihi batas waktu. Maka game PUBG Mobile akan otomatis ditutup dan tidak bisa dibuka sampai keesokan harinya.

1. Membatasi/memblokir Aplikasi & Game berdasarkan waktu yang diinginkan (BLOCKS)

Berikut adalah step by step yang bisa Anda praktekan untuk membatasi aplikasi

  1. Buka aplikasi Blocks Apps

    Setelah memiliki aplikasinya, tentu buka aplikasinya agar bisa mengaktifkan fiturnya

  2. Klik tanda + ditengah layar bagian bawah yang berwarna abu-abu

    Ketika kamu klik akan muncul menu pengaturan seperti gambar di atas. Ada 5 bagian pokok yang harus kamu perhatikan :
    Block name (opsional untuk memberi nama grup),
    Select time to active (Untuk mengatur waktu kapan blokir aplikasi di aktifkan),
    What to back ( apa saja yang di blokir, yakni ; dilarang membuka aplikasi dan notifikasi),
    Block applications (aplikasi dan game mana saja yang ingin di blokir).

  3. Mengatur Waktu

    Pada bagian pilihan Select time to active kamu klik tulisan ADD TIME yang berwarna hijau. Lalu akan muncul Pop up Set time to block apps.

    Block on days adalah daftar hari yang dimulai dari senin sampai minggu. kamu cukup tap setiap inisial hari dalam bahasa inggris tersebut hingga berwarna hijau. Kamu bisa memilih sebagian atau keseluruhan hari.

    Berikutnya adalah From dan Until. Pada bagian masing-masing, dibawahnya ada tombol SET yang berwarna hijau. From artinya dari jam berapa aplikasi mulai di blokir dan Until artinya sampai kapan pemblokiran di aktifkan. Kamu klik tombol SET dan atur sesuai yang kamu inginkan. Jika sudah klik ADD. Kamu bisa menambahkan lebih dari 1 waktu sesuai yang kamu inginkanset time to block

  4. Blokir untuk membuka aplikasi dan notifikasi

    Pada bagian What to block Kamu cukup klik toggle atau button sebelah kanan hingga lingkarannya berpindah ke sebelah kanan semua.

  5. Memilih aplikasi yang akan di blokir

    pada opsi Blocked applications artinya memilih aplikasi mana saja yang akan dimasukan ke dalam group aplikasi yang akan diblokir.

    Kamu cukup klik SELECT APPS TO BLOCK lalu akan muncul pop up Apps to block. Pada tahap ini kamu cukup klik/tap icon aplikasi yang ingin kamu masukan daftar blok hingga muncul icon gembok di atas aplikasinya. Pilih sebanyak yang kamu mau lalu klik OK.

  6. Menyimpan pengaturan

    Untuk langkah terakhir kamu cukup klik DONE. Sekarang kamu sudah memiliki list pemblokiran sesuai yang kamu inginkan.

2. Membatasi/memblokir Aplikasi & Game berdasarkan waktu maksimum penggunaan

  1. Buka aplikasi Block Apps
  2. Klik App usage : akan mucul daftar aplikasi yang memberi keterangan berapa lama kamu mengakses aplikasi yang ada di android kamu.
  3. Pilih aplikasi mana yang penggunaanya paling tinggi atau yagn menurut kamu harus di blokir jika berlebihan dalam penggunaanya dengan cara klik LIMIT di sebelah kanan nama aplikasi.
  4. Setelah kamu klik, akan muncul menu App usage limit. bagian ini kamu hanya butuh mengatur waktu berapa menit atau berapa jam waktu maksimum penggunaan aplikasi yang dipilih. Kamu bisa memilih hari tertentu saja atau semua hari dengan cara klik SET MULTIPLE DAYS.
  5. Setelah kamu klik akan muncul pop up Set usage limit. dibawahnya ada opsi Maximum usage artinya penggunaan maksimum dan Set on days artinya pilih hari apa saja yang akan menerapkan pengaturan ini.
  6. Pada maximum usage kamu bisa membatasi dengan memberikan waktu dalam menit atau jam. Jika kamu klik pada ujung progres akan memberikan waktu 2 jam. Namun jika ingin lebih dari itu kamu bisa klik tanda +10 dan tentukan sesuai yang kamu inginkan. Jika sudah klik SET
  7. Langkah terakhir adalah dengan klik SAVE di sudut atas dan sekarang pembatas pemblokiran aktif. Jika penggunaan aplikasi melebihi batas limit otomatis akan mengunci sendiri dan tidak bisa di buka.

Tampilan Aplikasi Diblokir

Gambar diatas adalah pop up pemberitahuan saat aplikasi diblokir yang juga memunculkan sebuah quotes atau kata-kata. Tentu hal ini sangat memotivasi diri untuk tetap fokus.

Pada pop up diatas saya menggunakan kalimat yang menurut saya adalah sebuah kata-kata yang sangat berarti. Karena kalimat tersebut adalah mindset yang saya tanamkan pada diri sendiri yang saya visualisasikan dari seseorang yang saya cintai. Sehingga aku bisa terus tetap fokus meskipun dia tidak ada didekatku dan juga tidak melihatku.

Kamu bisa memberikan kata-kata apapun yang menurut kamu berharga sehingga itu menjadi motivasi untuk diri kamu.

Cara memberi Quotes pada Pop Up Aplikasi diblokir

  1. Klik titik 3 di sudut kanan atas
  2. Klik Settings
  3. Scroll ke bawah sampai menemukan opsi Quotes
  4. Aktifkan Show quotes at blocked app dengan klik tombol sebelah kananya hingga lingkaran menjadi ke kanan.
  5. Setelah itu klik kolom di bawah Set at costum quote dan kamu tuliskan kata-kata yang kamu inginkan. Jika sudah klik kembali.

Setelah kamu melakukan penyetingan seperti di atas sebenarnya sudah selesai dan aplikasi sudah bekerja dengan baik. Tapi jika aplikasi dipaksa berhenti seperti force recent apps. Aplikasi bisa tidak bekerja oleh karena itu butuh akses administator agar bisa berjalan belakang seperti system.

Cara memberi akses administator pada aplikasi Blocks Apps

Setiap smartphone android memiliki menu yang cukup berbeda tapi pada intinya semua memiliki perizinan administator. Disini saya menggunakan Smartphone Relame 3 Pro.

  1. Klik Pengaturan/Setelan
  2. lalu pilih daftar aplikasi dengan klik opsi Manajemen Aplikasi
  3. Cari aplikasi Block
  4. Klik Perlindungan Konsumsi Daya
  5. Pilih izinkan Berjalan di latar Belakang

Inget ya setiap aplikasi memiliki posisi yang berbeda-beda mungkin saja sebagian sama. Tapi kalau tidak ketemu pokoknya cari saya menu administator. Selain itu izinka semua perizinan yang muncul seperti jendela apung. karena itu berfungsi untuk menampilkan Pop Up pemblokiran.

Sekarang aplikasi Block sudah benar-benar maksimal dan bisa membantumu untuk tetap fokus. Karena menjadi produktif adalah cara untuk meraih semua impian yang selama ini kita ingikan. Semoga membantu dan terimakasih banyak. Jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar manajem waktu atau aplikasi Block Apps bisa berkomentar atau hubungi kami.

Download Aplikasi Block Apps – Productivity & Digital Wellbeing

Play Store MOD (Full Fitur)
  • Developer : WVerlaek
  • Versi : 2.6.1
  • Ukuran : 4.9MB
  • Android minimum : Versi 5.0 Lolipop ke atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button