Pemrograman PHPTips & TriksTutorial

Cara Belajar Pemrograman PHP di Android Lengkap

PHP adalah bahasa pemrograman berbasis web yang sangat populer. Bagi pelajar yang ingin membuat aplikasi web seperti facebook, google, dan sejenisnya bahkan bisa membuat banyak aplikasi seperti rental mobil, toko online, kasir, dll.

Umumnya belajar PHP menggunakan PC/laptop karena harus memiliki aplikasi Web Server, text editor dan browser. Untuk komputer kita mengenal XAMPP sebagai webserver, Noteped++ atau Visual Code sebagai text editor dan untuk menampilkan hasil diperlukan browser seperti Chrome.

Sebelum belajar pemrograman PHP di android sebaiknya dipahami terlebih dahulu 3 hal penting yang wajib kamu ketahui diantaranya Webserver, Database, Text Editor, dan browser.

Pengenalan dasar

Web Server

Hal terpenting dan wajib saat belajar pemrograman PHP di android atau PC harus punya aplikasi webserver yang fungsinya untuk compiler atau menjalankan program PHP secara offline di perangkat android atau PC.

Kode-kode PHP yang kita tulis akan dijalankan terlebih dahulu di web server setelah itu hasil akan ditampilkan di web browser. Tanpa aplikasi webserver kode yang kita tulis tidak akan bisa digunakan ataupun dijalankan.

Web server untuk android diantaranya ada KSWEB, AndroPHP, AWenServer dan lain-lain. Rekomendasi untuk Anda sebaiknya gunakan saja aplikasi AWebServer karena sudah lengkap dengan Mysql dan bisa digunakan secara gratis.

[ Unduh AWebServer disini ] (gratis)

Jika Anda memiliki cukup uang sebaiknya gunakan KSWEB karena menawarkan fitur yang lebih lengkap dan lebih baik. Saya sendiri menggunakan aplikasi KSWEB hanya butuh Rp. 59.000 untuk versi standar dan Rp.73.000 untuk versi pro.

Setiap versi memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing versi gratis biasanya akan muncul banyak iklan tapi menurut saya tidak terlalu dipermasalahkan. Karena setelah menjalankan web servernya akan segera diminimize sehingga iklan tak terlihat lagi.

Sedangkan versi pro anda akan mendapatkan layanan lebih baik dan tentu saja tanpa iklan. Semua tergantung Anda. Jika ingin gratisan gunakan AwebServer jika berbayar gunakan KSWEB.

[ Unduh KSWEB (Trial) ] | Pembelian dalam aplikasi

Text Editor

Setelah memiliki aplikasi web server alat yang dibutuhkan adalah text editor. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk menulis kode/program PHP.

Text editor untuk android ada banyak pilihan saya rekomendasikan aplikasi QuickEdit+ karena dari pengalaman saya pribadi sangat memuaskan.

Text Editor Android :

Database (Mysqli)

Database adalah bagian ketiga yang harus Ada pahami. Fungsi dari database adalah untuk menyimpan dan mengolah data dari program yang PHP yang kita buat.

Misalnya data berupa:

  • informasi pengguna (username, password, telepon, jenis kelamin, dll)
  • data artikel ( isi artikel, judul, tanggal, dll)
  • kategori, kelas, admin, dll.

Diatas adalah conoth penggunaan dari database tanpa database file yang diinputkan saat menjalankan program php hanya berlaku sekali saja dan akan hilang setelah itu. Oleh karena itu database perlu dipelajari.

Saat ini Mysql sudah tidak digunakan lagi melainkan Mysqli, perbedaan antara keduanya tidak terlalu signifikan.

Database Mysqli sudah terintegrasi dengan aplikasi KSWEB di Web server sehingga Anda tidak perlu mendownload aplikasi lagi.

Browser

Browser berfungsi untuk menampikan hasil dari pengolahan kode php yang kita tulis.

Di android ada banyak jenis browser seperti : Chrome, firefox, Browser bawaan, Uc Browser, Opera mini, dll. Anda tidak perlu mendownload aplikasi karena di setiap android sudah ada google chrome. jadi gunakan itu saja.

Umumnya untuk menjalankan aplikasi/program yang kita buat harus mengetikan alamat url seperti :

contoh :

http://localhost

Sedangkan di android perlu menambahkan port di ujung url seperti :

contoh :

Jika menggunakan Web server KSWEB :

http://localhost:8080

Jika menggunakan AWebServer :

http://0.0.0.0:8080

Penyebab perbedaan ini adalah akibat aplikasi web server android tidak memiliki izin akses ke system. Namun tidak perlu dirisaukan yang penting kita tetap bisa menjalankan program di HP android.

Kesimpulan

Pada dasarnya untuk belajar pemrograman PHP tidak memiliki batas. Anda bisa menggunakan PC kalau punya, dan bisa belajar PHP di android jika tidak punya PC.

Intinya selagi ada niat belajar Anda bisa menggunakan semua cara. Yang dibutuhkan adalah panduan yang tepat sehingga belajar menjadi lebh mudah. Selanjutnya akan memberikan ada cara menggunakan aplikasi KSWeb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button