Tips & Triks

20 Tips Agar HP Android Awet dan Tahan Lama

Coba pikirkan dari 7,7 miliyar orang di muka bumi 5 miliyar di antaranya menggunakan ponsel. Akan tetapi banyak dari kita tidak tahu bagaimana merawat gadget kita seperti rancangan aslinya.

Apakah membiarkan batrai ponsel habis total itu bagus?, atau haruskan mematikan ponselmu, atau haruskah kamu mengeluarkan ponselmu dari saku ketika akan mencuci?

Nah, berikut adalah anjuran dan larangan tentang ponsel.

20 Tips Agar HP Android Awet dan Tahan Lama

1. Matikan Bluetooth

Saat bluetooth tidak dipakai sebaiknya dimatikan. Dengan begini kamu akan mencegah unduhan yang tak perlu yang mungkin berbahaya dan tidak akan ada penyusup yang berhasil membaca data di ponselmu.

2. Jangan Biarkan Ponselmu Terpapar Cuaca

Bukan hanya dari hujan, banjir, ataupun paparan lainnya. Dan ya keluarkan ponselmu dari saku saat pakaian akan dicuci. Hawa dingin dan panas sama buruknya gadget akan mulai melambat jika suhu turun di bawah -40 derajat celcius dan panas malah lebih parah.

Jika tergeletak dibawah sinar matahari atau ditempat lain yang suhunya mencapai 45 derajat celcius bisa jadi ponselmu tidak akan bisa bekerja dengan baik. Bahkan yang lebih parah kerusakannya bisa permanen dan ini menyebabkan HP androidmu cepat rusak.

3. Enkripsikan Semua Informasi Sensitif dan Pribadi di Ponselmu

Tidak semua ponsel dilengkapi dengan fitur keamanan enkripsi tapi kalau diponselmu ada ya gunakan. Jika ponselmu dicuri atau hilang data yang tersimpan akan tetap aman dan hal ini akan sangat penting apalagi data tersebut sebuah data yang sangat penting.

4. Jangan Pakai Kabel Pengecas Murah Atau Tidak Asli

Meski tidak membahayakan ponselmu , proses pengecasan tidak akan stabil dan tidak cepat. Selain itu untuk membuat kabel pengecas murah. Produsen menggunakan kabel berkualitas rendah yang lebih mudah putus dibanding kabel yang sudah diakui pabrikan.

Jika penggunaan kabel kualitas rendah terus menerus HP androidmu tidak akan bertahan lama. Justru daya tahan batrai akan cepat rusak.

5. Bersihkan Lubang dan Kabel Pengecas Secara Teratur.

Selama pemakaian banyak kotoran dan debu menempel pada colokan pengecas. Jika dipakai dengan hati-hati tusuk gigi kayu bisa menjadi efektif untuk membersihkan kotoran dari lubang colokan. Dan untuk membersihkan colokan kabel kamu bisa memakai korek kuping yang lembab, bukan basah!

6. jangan Abaikan Ancaman Malware

Ada salah kaprah yang beranggapan kalau virus hanya berbahaya terhadap komputer. Tapi malware ponsel pintar bisa mencuri data-data pribadi dan bahkan bisa melacak lokasimu. Jahat sekali ya, Sebaiknya hindari pemasangan aplikasi yang mencurigakan, kemungkinan besar mereka akan memenuhi ponselmu dengan virus.

Baca juga : 6 Bahaya Install Aplikasi di Luar Google play Store!

7. Hindari Menjatuhkan Ponsel Meski Sudah Terlindungi Casing

Mungkin kamu tidak melihat sudut yang penyok, atau layar yang retak. Tapi kamu tak pernah tahu seberapa besar pengaruhnya terhadap bagian dalam ponselmu. Kalau kamu lumayan banyak menjatuhkan ponselmu. Masalah apapun yang kamu punya pada ponselmu sekarang bisa jadi akibat dari ponselmu yang sering jatuh.

8. Jangan Pakai Semprotan Langsung ke Ponselmu Saat Membersihkannya.

Banyak ponsel yang masih belum tahan air. Jika ada sedikit saja percikan air yang masuk, layar ponselmu bisa tamat, dan kalaupun tidak mati total. bagian yang terbuka seperti mikrofone bisa berhenti berfungsi. Banyak perangkat pembersih ponsel memang dilengkapi semprotan tapi itu untuk menyemprot lapisan fiber bebas serat, bukan langsung disemprotkan ke ponselmu.

9. Cas Ponselmu Sebelum Batrainya Habis Total

Tak masalah jika daya batrai ponselmu pernah mencapai 0% sekali atau dua kali. Tapi jika sering terjadi ponselmu berisiko tidak akan mampu bertahan lama seperti seharusnya. Setiap ponsel memiliki siklus pengecasannya masing-masing. Yaitu siklus saat mengisi daya sampai 100% (seratus persen) lalu dihabiskan sampai 0%. Jika batrainya dibiarkan sampai kosong setiap hari ponselmu tidak akan bisa bertahan lebih dari 400 sampai 500 hari.

10. jangan pasang Aplikasi pengoptimal Batrai

Aplikasi ini hanya menghapus aplikasi yang berjalan dilatar belakang dan membersihkan cache atau bagian dari memori ponsel yang menyimpan file yang sering dipakai. Tapi kamu bisa melakukan hal ini sendiri dengan mudah dan jika kamu menggunakan aplikasi pengoptimal justru kamu akan melihat ilkla-iklan yang menyebalkan terus-menerus muncul di layarmu.

11. Jaga Layar Berandamu Seringkas Mungkin

Saya setuju wallpaper bergerak itu memang keren dan semua tersedia hanya sekali klik bukan. Tapi jika layar berandamu berantakan ponselmu akan kesulitan untuk memuatknya dalam satu tempat. Ini akan memberatkan perangkat keras ponselmu yang pada akhirnya membuat lambat dan mempengaruhi kinerjanya.

Solusi terbaiknya kamu bisa menggunakan aplikasi smart launcher agar hp androidmu lebih cepat dan tidak lemot, ini sudah terbukti dan sudah saya uji di berbagai perangkat dengan kelas masing-masing.

Baca juga : Smart Launcher pro Apk V.3 & V.5 Terbaru Gratis

12. Jangan Penuhi Memori

Dampaknya pada ponselmu memang tidak nampak parah. Tapi sebaiknya gunakan kartu SD atau penyimpanan berbasi cloud/online untuk aplikasi dan foto-fotomu itu. Jika terisi data sampai penuh ponsel pintarmu akan membuat kamu kesal karena memorinya selalu penuh dan yang lebih parah akan menjadi lambat dan akan sering muncul error system berhenti terhadap beberapa aplikasi karena tidak memiliki cukup ruang memuat proses tertentu.

13. Perbarui Perangkat Lunak

Jika ponselmu menyarankan pembaharuan/update sebaiknya segera perbarui karena ini akan membuat kinerja ponselmu menjadi lebih baik dan membebaskannya dari bug. Jangan pernah unduh perangkat lunak atau software dari sumber-sumber yang tidak menyakinkan.

Jika kamu ragu dan sumbernya tidak jelas bisa-bisa aplikasi itu merusak sistem atau menjadi aplikasi pengintai. Oleh karena itu sebaiknya selalu perhatikan izin aplikasi yang sekiranya mencurigakan segera hapus aja.

14. Jangan Simpan Ponsel di Saku Celanamu

kamu mungkin lupa memasukan ke saku celana lalu duduk dan menimpanya, atau memasukannya ke mesin cuci. Dengan disimpan disaku panas badanmu akan menyebabkan daya batrainya akan cepat habis daripada dimasukan kedalam tas. Ingat panas itu tak bagus untuk ponselmu!

15. Matikan Ponselmu Setidaknya Sekali Seminggu

Setelah dimatikan biarkan ponselmu beristirahat beberapa menit, ia juga butuh liburan lalu kembali nyalakan. Ini akan membantu mempercepat kerja ponsel, memperpanjang daya tahan batrai, mengosongkan semua beban yang sudah tidak diperlukan memori dan mencegah kerusahan lainnya.

Biasanya saat kamu menutup aplikasi, aplikasi tersebut tidak benar-benar tertutup. Aplikasi tersebut berada dipertengahan atau berjalan dilatar belakang agar ketika dibutuhkan lagi aplikasi tersebut bisa dibuka lebih cepat. Ini akan memakan memori dan mempercepat batrai ponsel berkurang. Solusi terbaik dari masalah ini adalah dengan mematikan dan menyalakan ulang ponselmu!.

16. Jangan Matikan Ponsel Jika Batrainya Nyaris Habis

Dan kamu berniat menghidupkannya lagi dalam waktu setengah jam kedepan, bukan menjadikan batraimu hemat energi justru malah habis total. Seluruh proses menyalakan dan mematikan ponsel mengkonsumsi jauh lebih banyak daya daripada mengalihkannya ke mode pesawat.

Jika kamu berniat baru memakai ponselmu beberapa jam lagi barulah sebaiknya di matikan. Ini adalah cara paling sederhana untuk menghemat batrai.

17. Jangan Lupa Bersihkan Cache Ponselmu

Saya yakin kamu mememiliki bebeapa aplikasi yang penting untuk dihapus. Tapi kamu belum tentu memakainya setiap hari. Kamu bisa membuang data aplikasi ini dari cache di pengaturan dengan begini aplikasi tersebut tidak akan menyita terlalu banyak tempat saat tidak dipakai dan ponsel pintarmu akan bekerja lebih cepat.

18. Colokan kabel Cas Dengan Hati-Hati.

Tanpa sadar kamu bisa salah mencolokan kabel casan saat mau tidur, tapi goresan kecil itu akan mempersingkat umur ponselmu. Karena semua kontak listrik itu jauh lebih sensitif dan lemah daripada yang kamu duga.

19. Jangan Ganti Batrai Asli Ponselmu Dengan Batrai Pengganti Murahan.

Dan jika kamu pergi ke konter untuk mengganti batrai, selalu perhatikan apa yang mereka pasang. Jika batrai baru itu tidak asli batrai itu tidak saja gagal berfungsi tapi juga memperpendek usia ponselmu.

20. Gunakan Pelindung Layar

Meskipun nampak seperti sepotong plastik atau seperti kaca rapuh yang tak berguna pelindung ini bisa menyelamatkan ponselmu. Bagaimanapun ini adalah lapisan pertahanan tambahan yang akan sangat berguna jika ponselmu jatuh kelantai atau trotoar yang keras. Selain itu dengan menggunakan pelindung layar screen utama ponselmu akan terlindungi dan tetap mulus tanpa ada goresan sama sekali.

Cukup sekian saran saya untuk ponsel hari ini, semoga bermanfaat dan jika kamu merasa mendapatkan ilmu baru hari ini jangan lupa berlangganan artikel di sekolah android dan terimakasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button